Rumah Sangat Sederhana

Saturday, May 27th 2017. | Rumah Minimalis

Secara fisik, kriteria rumah sangat sederhana menurut peraturan pemerintah, memiliki luas lantai bangunan tidak lebih dari 36 m2. Dalam luasan tersebut, idealnya sudah terdapat ruang kamar tidur, ruang tamu yang tersambung dengan ruang dengan fungsi ruang keluarga atau ruang makan, dapur serta kamar mandi. Mengenai penataan organisasi ruang, serta luasan masing-masing ruang, tidak dibatasi dalam aturan, jadi relatif tergantung dari sisi pihak perencana atau pihak pemilik rumah sangat sederhana tersebut.

Secara luasan lantai bangunan memang terbatas. Namun tentu saja hal tersebut tidak membatasi kreativitas bagi perencana maupun pemilik untuk menyiasati kondisi tersebut, agar kebutuhan ruang tetap tercukupi. Perluasan fungsi teras sebagai tempat untuk menerima tamu dengan penambahan luasan atap naungan serta dinding, sebagai pengganti ruang tamu di dalam rumah, merupakan salah satu solusi penyiasatan ruang yang jamak dilakukan. Demikian juga dengan pemanfaatan teras belakang sebagai dapur atau tempat mencuci, merupakan contoh lain siasat yang dilakukan pihak perencana maupun pemilik rumah sangat sederhana.

Untuk tampilan rumah, karena adanya keterbatasan, fokus untuk memperkuat kesan apik dari sebuah bangunan hunian, biasanya difokuskan pada fasad depan rumah. Fasad depan rumah sangat sederhana sendiri, biasanya dibentuk dari unsur bentuk teras, pintu, jendela dan ornamen dinding, jika masih ada bidang dinding yang cukup lapang untuk aplikasinya. Sedangkan untuk unsur yang bukan termasuk dalam bangunan rumah, bisa dioptimalkan pada keberadaan taman kecil, pagar lingkungan, serta kehadiran ornamen pada jalan masuk.

Rumah Sangat Sederhana

Ruang hunian tidak lebih dari 36 m2, lazim terdapat pada apartemen, hunian pada rumah susun, dan rumah sangat sederhana. Namun rumah sangat sederhana masih mempunyai keunggulan pada keberadaan lahan yang masih bisa dikembangkan di kemudian hari. Pengembangannya tidak terbatas hanya secara horisontal, melainkan bisa juga secara vertikal dengan terlebih dahulu melakukan perbaikan struktur pondasi dan kolom bangunan. Yang perlu diingat jika kita merencanakan pengembangan pada rumah sangat sederhana, adalah kita hindarkan adanya ruang yang terisolir dari asupan udara segar dan cahaya matahari.

tags: , ,